Google Photos, Solusi Untuk Backup Foto

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Penyimpanan adalah hal yang sangat penting bagi kita semua, terutama yang selalu menggunakan kamera, pastinya memerlukan penyimpanan yang besar. Apalagi jika kamera yang kita gunakan adalah kamera yang memiliki resolusi tinggi, satu jepretan saja bisa memiliki ukuran sampai dengan 10 MB.

Dengan ukuran yang begitu otomatis kita membutuhkan space penyimpanan yang begitu besar, dengan begitu kita bisa menyimpan begitu banyak foto. Namun seberapa banyak kita menyimpan foto, pasti adakalanya kita kehabisan ruang untuk menyimpan foto.

jika kita memiliki ruang 32 GB jika ukuran satu foto sekitar 10 MB maka kita hanya menyimpan kurang lebih 3000 foto, sedangkan kita munkin sehari bisa melakukan foto lebih dari 50 rata-rata perhari, maka dalam 60 hari kita sudah mendapatkan 3000 foto. Sedangkan jika ada sebuah acara kita bisa saja menjepret 200 foto lebih dalam satu acara, wow… gak terasa memori kita terkuras.

Munkin hal yang biasa kita lakukan jika sudah penuh adalah dengan cara menghapusnya, namun terkadang walaupun kita harus menghapus beberapa foto, kita masih merasa berat untuk menghapusnya. Atau jika kita menghapus foto, suatu saat foto yang pernah kita hapus ingin ada lagi kayak ada rasa menyesal, ya walaupun kadang yang kita hapus adalah foto yang munkin tidak begitu bagus.

Nah solusi dari semua itu adalah kita membutuhkan storage atau penyimpanan foto yang unlimited, atau yang tidak bisa habis walaupun sudah kita isi begitu banyak foto.

Pertanyaannya, Apakah ada ruang penyimpanan yang tidak bisa habis?

Saya tidak bisa katakan tidak bisa habis, tapi dengan kemungkinan habis itu begitu kecil. Nah apa yang bisa menyimpan foto kita dengan begitu banyak? Jawabannya adalah, photos.google.com

google photos
Tampilan Laman Utama Google Foto ( Gambar : Dokumen Pribadi )

Dengan google foto, kita bisa menyimpan begitu banyak foto secara gratis, tentunya dengan privasi yang terjaga, untuk menyimpan di google foto sebenarnya kita di beri dua pilihan.

Pertama, kita bisa memilih penyimpanan foto dengan Kapasitas gratis yang di berikan sebesar 15 GB, dengan resolusi foto asli original, atau sesuai ukuran seperti yang ada pada saat kita menjepret foto. Misal kita memfoto dan ukuran foto itu sebesar 5 MB maka foto kita di google foto pun akan memiliki ukuran yang sama, yaitu 5 MB, dan kualitas foto yang tidak akan berubah.

Baca Juga : One Drive, Tempat Penyimpanan Online Untuk Backup Data

Kedua, Kita bisa memilih penyimpanan foto Unlimited dengan dengan salah satu kekurangan resolusi dan ukuran foto yang akan otomatis di perkecil oleh google, tapi tenang, bagi saya itu bukan masalah, karena walaupun di perkecil, foto itu masih bisa di cetak dengan ukuran sebesar 12 R dengan keadaan yang masih jernih, dan bagi saya ini sudah cukup. mengingat yang paling penting dari menyimpan foto adalah terus ada dan masih bisa di lihat.

Nah bagi kalian yang ingin menggunakan google foto, kalian bisa akses langsung photos.google.com atau yang mau mengakses melalui aplikasi bisa download aplikasi Google foto di Play Store.

Untuk cara penggunaannya akan saya sampaikan di lain kesempatan. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

You May Also Like

About the Author: Yogi Khayan

Jadi apapun kamu, yang terpenting jangan lupakan agamamu. hanya seorang Blogger dan Traveler.

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang!