Scrool Ke Bawah
<script type="text/javascript"> atOptions = { 'key' : 'a3e2e0c47e9f025230d08789090917a3', 'format' : 'iframe', 'height' : 250, 'width' : 300, 'params' : {} }; document.write('<scr' + 'ipt type="text/javascript" src="//www.topcreativeformat.com/a3e2e0c47e9f025230d08789090917a3/invoke.js"></scr' + 'ipt>'); </script>
InformasiTravelTraveling

Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Banjarmasin

309
×

Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Banjarmasin

Sebarkan artikel ini
Patung Bekantan ikon kota Banjarmasin
Patung Bekantan salah objek wisata ikon kota Banjarmasin yang terletak di kompleks taman Siring Banjarmasin

Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Banjarmasin, Banjarmasin merupakan kota terbesar di Kalimantan Selatan yang memiliki sejarah kaya sekaligus menjadi pusat budaya dan perdagangan Kalimantan Selatan. Selain itu, Kota ini juga dikenal dengan sebutan kota seribu sungai karena memiliki banyak sungai yang melintasi kota ini. Jika Anda sedang berada di Kalimantan Selatan serta berencana untuk berlibur ke kota Banjarmasin, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata populer yang bisa Anda kunjungi.

Pulau Kambang

Pulau Kambang atau Kembang adalah sebuah delta yang terletak di tengah sungai Barito yang terletak di sebelah barat kota Banjarmasin. Objek wisata yang memiliki nama lengkap Taman Wisata Alam Pulau Kembang ini, merupakan habitat bagi kera ekor panjang atau monyet dan beberapa jenis burung. Untuk menuju ke lokasi, wisatawan bisa menggunakan jasa sewa kelotok atau perahu yang tersedia di kawasan Siring P. Tendean.

Iklan (Gulir)
Scroll kebawah untuk lihat konten

Pasar Terapung

Pasar Terapung adalah salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Banjarmasin sekaligus mejadi ikon budaya masyarakat kota seribu sungai. Keunikan pasar ini adalah proses jual belinya dilakukan di atas sungai menggunakan perahu atau rakit yang dikenal dengan jukung. Tiga ikon wisata pasar terapung yang terkenal di Kota Banjarmasin antara lain pasar terapung Lok Baintan, pasar terapung Muara Kuin, dan pasar terapung Siring Menara Pandang. Di pasar terapung wisatawan dapat membeli berbagai produk seperti ikan, sayuran, buah-buahan, dan barang-barang kerajinan tangan.

Baca Juga :  Tradisi Prepegan Setiap Hari Pasaran Di Akhir Bulan Ramadhan

Patung Bekantan

Patung Bekantan terbuat dari besi yang memiliki tinggi sekitar 4 meter dengan menampilkan seekor bekantan sedang duduk santai untuk memberikan kesan ramah dan menyenangkan. Bekantan sendiri merupakan satwa endemik yang berasal dari pulau Kalimantan. Selain sebagai objek wisata, Patung Bekantan juga menjadi simbol kepedulian masyarakat terhadap satwa bekantan yang terancam punah. Salah satu ikon wisata Banjarmasin ini terletak di kompleks taman Siring.

Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang Banjarmasin terletak di Siring, Jalan Kapten Pierre Tendean Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Destinasi wisata yang terletak di pinggir sungai Martapura ini membuat wisatawan dapat melihat lanskap kota Banjarmasin dari ketinggian. Tidak terlalu jauh dari menara pandang terdapat sebuah taman yang dikenal dengan nama taman Siring.

Masjid Sultan Suriansyah

Masjid yang dibangun pada abad ke-17 ini merupakan simbol keislaman dan sejarah perkembangan Kesultanan Banjar yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Bangunan ini memiliki arsitektur yang unik dan menarik, dengan dominasi warna hijau yang khas pada bagian atap dan kubahnya. Di dalamnya terdapat beberapa ornamen yang menunjukkan kekayaan seni dan budaya Kalimantan Selatan.

Baca Juga :  Tentang Toko Online Yang Semakin Menjamur

Masjid Sabilal Muhtadin

Wisatawan khususnya umat muslim wajib mengunjungi Masjid Sabilal Muhtadin sebagai salah satu wisata religi di kota Banjarmasin selain Masjid Sultan Suriansyah. Arsitektur Masjid ini mengambil inspirasi dari Masjid Nabawi di Madinah, menjadikannya indah dengan dominasi warna putih yang khas pada dinding dan kubahnya serta terdapat ornamen-ornamen yang indah dan mewah seperti lampu gantung dan karpet merah yang menambah kesakralan tempat ini. Wisatawan dapat menikmati keindahan masjid ini dari atas menara Pandang Siring Banjarmasin.

Museum Wasaka

Museum Wasaka yang terletak di Jalan Pangeran Antasari, Banjarmasin merupakan sebuah museum yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Objek wisata ini menampilkan koleksi benda-benda bersejarah dan budaya dari daerah Kalimantan Selatan, seperti senjata tradisional, alat musik, tekstil, dan kerajinan tangan. Wasaka sendiri merupakan akronim dari istilah bahasa Banjar yaitu Waja sampai Kaputing yang memiliki arti perjuangan yang tidak mengenal menyerah, dengan tekad baja hingga akhir. 

Kampung Kuin

Kampung Kuin adalah sebuah kampung yang terletak di tepi Sungai Barito. Tempat ini terkenal dengan rumah panggungnya yang indah dan menjulang tinggi di atas air. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitar kampung ini dan menikmati keindahan alam serta keunikan arsitektur tradisional kampung tersebut.

Baca Juga :  Wisata Alam Desa Limpakuwus Kabupaten Banyumas

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata populer di kota Banjarmasin yang bisa Anda kunjungi ketika anda sedang berlibur ke Kalimantan Selatan. Selamat berlibur di Banjarmasin!

Harap Matikan AdBLock Iklan Atau Gunakan Browser Yang Mendukung Iklan