Pengalaman Pertama Menggunakan Jasa Kirim Ekpedisi aCommerce

aCommerce - #1 Ecommerce Enabler di Indonesia

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Beberapa hari lalu saya belanja di Akulaku, setahu saya, ketika belanja di akulaku, pembeli tidak bisa memilih jasa kirim yang ingin di pakai, alhasil saya hanya bisa membayar barang, dan untuk ekpedisi di tentukan oleh pengirim sendiri.

Saya tidak pernah memperhatikan apakah bisa di ganti atau tidak ketika membeli barang, tapi setau saya, karena saya sudah sering belanja di akulaku, saya tidak pernah menemukan menu yang berisi pilihan untuk memilih mau pakai apa jasa ekpedisi yang akan saya gunakan.

Semua pesanan yang sudah di terima, akan menunggu konfirmasi dari penjual, dan ketika penjual sudah menerima pesanan, penjual akan melakukan pengiriman pesanan.

Karena tidak ada pilihan jasa ekpedisi yang akan di pakai, jadi pembeli barang di akulaku harus menunggu notif di kirim oleh penjual, baru akan muncul jasa ekpedisi apa yang di pakai penjual, dan sekaligus di berikan no. resinya.

Sampai disini munkin tidak terlalu menjadi masalah, yang menjadi masalah adalah ketika saya mengetahui barang saya di kirim menggunakan ekpedisi yang menurut saya baru, yaitu aCommerce.

Pertama mengetahui ekpedisi baru, saya sudah curiga, ” Apa iya kurir ini mau ngirim barang saya sampai rumah? ” karena rumah saya di desa, dan bagi saya ini ekpedisi asing, saya sangat pesimistis dan was-was dengan ekpedisi baru ini.

Selesai pembelian barang, menunggu beberapa jam, tiba-tiba muncul SMS di hp saya yang di kirim ke no. hp saya yang saya daftarkan di Akulaku. SMS itu berasal dari aCommerce ekpedisi, saya tahu karena sms yang keluar ke HP langsung dengan nama perusahaan mereka, jadi wajar jika saya mengenali.

SMS itu berisi bahwa barang saya yang di beli melalui akulaku sudah terkirim, dan di sms itu juga tertera alamat web untuk tracking barang kita yang di kirim melalui aCommerce, link yang mereka berika berikan ketika menyampaikan pesanan mereka kepada pengguna jasanya langsung menuju tracking barang yang kita beli, tanpa harus menginput no. resinya.

Halaman Tracking Ekpedisi aCommerce

Dengan fitur itu menurut saya sangat memuaskan, karena beberapa ekpedisi di indonesia tidak mesti punya fitur itu, malah menurut saya jarang sekali yang menggunakan fitur itu.

Setelah sms itu, tipa-tiba muncul notif dari akulaku, bahwa pesanan sudah di kirim oleh penjual. Bagi seorang pembeli online, ketika melihat pesanan sudah di kirim pasti senang dan menyambut dengan antusias.

Mengetahui pesanan sudah di kirim, saya menjadi sering mengecek pesanan saya sudah sampai mana.

Awal-awal ngecek situs tracking sih rasanya biasa saja, Seneng, tahu barang sudah mulai ada pergerakan menuju rumah, tapi ketika muncul tulisan SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER AT [BEKASI] di data pergerakan barang, saya mulai curiga, kok bisa di terusin ke JNE? ” Wah, kayaknya ini bakal bermasalah ? ” Rasaku, namun setelah berfikir panjang, aku berfikir ulang, dan saya yakin barang akan sampai lebih cepat, karena yang kirim kan JNE yang sudah sering saya pakai

Notif dari laman tracking aCommerce

Hari demi hari berlalu, setelah saya amati, ternyata sudah hampir 5 hari pesanan belum jelas keberadaannya, di tracking aCommerce sudah menunjukkan bahwa barang sudah sampai di kota saya, hal itu saya yakini ketika saya membaca notif WITH DELIVERY COURIER [CILACAP]

With delivery courier notif

Ketika sudah ada notif itu, saya kira barang sudah nyampe di kota saya. Dan sata tunggu di rumah sampe sore pada tanggal tersebut, dan ternyata sampai asar tidak ada kurir yang datang. Dan akhirnya saya memutuskan untuk menjemputnya di konter JNE, ketika saya kesana katanya tidak tahu karena resi tidak ada, di suruh untuk menunggu besok pagi saja, karena sudah sore dan sebagian karyawan sudah pulang.

Saya pun pulang, walaupun agak kecewa karena tidak di layani dengan baik oleh JNE. Ya menurut saya walaupun sudah sore dan karyawan sudah pulang seharusnya tetap di layani dengan baik, karena kan waktu tutup itu jam 7 an baru tutup.

Menurut karyawan yang saya tanya suruh nunggu besok saja pas tanggal 13 Februari, ya sudah saya nunggu di rumah. Dan pada tanggal tersebut pun barang tidak datang sampai sore. Akhirnya saya hubungi petugas JNE, mereka bilang tidak tahu barang saya karena tidak ada no. Resinya.

Menurut pihak JNE, alamat tracking dan no. Resi aCommerce tidak bisa di gunakan untuk melacak oleh sistem JNE yang di kurir, sehingga tidak bisa tahu sebenarnya paket dimana, oleh pihak JNE pun di suruh nunggu satu hari lagi.

Menunggu lagi dan menurut saya itu muak sekali, akhirnya saya berfikir ulang. Menurut pemikiran yang say dapat, yang menjadi penyebab utama masalah ini adalah pihak ekspedisi aCommerce, karena dalam trackingnya, walaupun di lemparkan ke JNE, pihak aCommerce tidak memberikan no. Resi JNE, sehingga saya tidak bisa memberikan informasi kepada pihak JNE.

Menurut pihak JNE, jika ada no. Resi, pihak JNE bisa tahu secara detail dimana paket itu berada, masih di gudang atau sudah di bawa kurir. Dengan jawaban begitu akhirnya saya memutuskan untuk menghubungi pihak aCommerce untuk mencari tahu resi barang saya yang di lemparkan ke JNE, setelah saya muter-muter mencari kontak aCommerce, yang saya temukan hanya sebuah alamat email customer service aCommerce.

Bagi saya, jika harus mengirim email maka akan lama balasannya, karena umumnya perusahaan sering gitu. Namun karena saya sudah mentok, jadi saya coba mengirim email ke aCommerce dengan nada emosi

Email yang saya kirim ke aCommerce support

Itulah email yang saya kirim, terkesan kurang sopan, tapi saya lakukan untuk masukan juga untuk pihak aCommerce.

Ketika saya sudah kirim email, ternyata tidak butuh balasan lama untuk di balas oleh csnya, hanya hitungan menit csnya sudah membalas.

Balasan tim support aCommerce

Walaupun sudah saya komplai, cs tetap menghadapi dengan sopan dan lembut, top banget dah. Alkhamdulillah saya dapat no. Resinya, akhirnya setelah dapat saya kirim ke pihak JNE, dan Alkhamdulillah di tanggal 14 nya di hari esoknya, pesanan saya datang dengan selamat dan memuaskan.

Sebelum pesanan datang, pihak JNE mengkonfirmasi bahwa barang sudah ada. Ketika sudah bilang seperti itu, saya bilang ke petugas JNE untuk dahulukan kiriman saya karena sudah terlalu lama. Dan Alhamdulillah di kirim lebih awal.

Nah menurut saya, hati-hati dalam memilih jasa Ekspedisi, supaya tidak di bohongi dan di PHP in.

Menu Tracking aCommerce Setelah pesan

Alkhamdulillah, pesanan sampai, walaupun pengriman terkesan lama. Tapi barang saya sampai dengan selamat.

Sekian pengalaman yang bisa saya bagikan, jika mau mebambahkan atau berbagi ceritanya, bisa kirim di kolom komentar.

Assalamu’alaikum warahmatullahi Wabarakaatuh.

You May Also Like

About the Author: Yogi Khayan

Jadi apapun kamu, yang terpenting jangan lupakan agamamu. hanya seorang Blogger dan Traveler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang!