Scrool Ke Bawah
<script type="text/javascript"> atOptions = { 'key' : 'a3e2e0c47e9f025230d08789090917a3', 'format' : 'iframe', 'height' : 250, 'width' : 300, 'params' : {} }; document.write('<scr' + 'ipt type="text/javascript" src="//www.topcreativeformat.com/a3e2e0c47e9f025230d08789090917a3/invoke.js"></scr' + 'ipt>'); </script>
InternetKomputerTechnologyTeknologi

5 Software atau Aplikasi Gratis untuk Mengecilkan Ukuran dan Mengubah Format Video dengan Mudah

78
×

5 Software atau Aplikasi Gratis untuk Mengecilkan Ukuran dan Mengubah Format Video dengan Mudah

Sebarkan artikel ini
5 Software Gratis untuk Mengecilkan Ukuran dan Mengubah Format Video dengan Mudah

5 Software atau Aplikasi Gratis untuk Mengecilkan Ukuran dan Mengubah Format Video dengan Mudah, Pernahkah Anda mengalami masalah saat mengirim video karena ukuran file yang terlalu besar? Atau mungkin Anda ingin mengubah format video agar kompatibel dengan perangkat yang berbeda? Jangan khawatir, ada solusi yang tepat untuk Anda! Dalam artikel ini, kami akan mengenalkan Anda pada lima perangkat lunak gratis yang sangat berguna untuk mengecilkan ukuran video dan mengubah formatnya dengan mudah. Tak perlu menjadi seorang ahli, semua dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana. Mari kita mulai!

  1. HandBrake HandBrake adalah perangkat lunak konversi video yang telah lama dikenal dan digunakan oleh banyak orang. Ini adalah alat yang tangguh untuk mengubah format video serta mengecilkan ukuran file tanpa mengorbankan kualitas gambar yang signifikan. Terlebih lagi, HandBrake mendukung berbagai format video populer, membuatnya cocok untuk berbagai keperluan.
  2. Any Video Converter Any Video Converter adalah pilihan yang luar biasa untuk mengkonversi video. Selain mendukung banyak format video, perangkat lunak ini juga memiliki fitur mengecilkan ukuran video yang mudah digunakan. Cukup pilih video yang ingin Anda ubah, pilih output yang diinginkan, dan biarkan perangkat lunak ini bekerja melakukan sihirnya. Anda dapat menghemat ruang penyimpanan yang berharga tanpa mengorbankan kualitas.
  3. Freemake Video Converter Freemake Video Converter adalah perangkat lunak lain yang layak dicoba untuk mengubah format video dan mengecilkan ukurannya. Kelebihan Freemake adalah antarmuka yang ramah pengguna dan kemampuan untuk mengkonversi video ke berbagai format, termasuk format yang kompatibel dengan perangkat mobile. Dengan dukungan untuk lebih dari 500 format, Anda pasti akan menemukan yang Anda butuhkan.
  4. Online Video Converter Jika Anda tidak ingin mengunduh atau menginstal perangkat lunak, Online Video Converter adalah pilihan yang praktis. Anda dapat mengaksesnya langsung melalui browser web Anda. Cukup unggah video yang ingin Anda konversi, pilih format dan pengaturan lainnya, dan perangkat lunak ini akan melakukan sisanya secara online. Namun, ingatlah bahwa koneksi internet yang stabil diperlukan untuk menggunakan alat ini.
  5. VLC Media Player Tunggu dulu, bukankah VLC Media Player hanya untuk pemutaran video? Ya, benar, tetapi VLC juga memiliki fitur konversi yang sering diabaikan. Buka VLC, pilih “Media” di bagian atas, kemudian pilih “Convert/Save.” Di sini, Anda dapat memilih video yang ingin Anda konversi, serta mengatur format output dan pengaturan lainnya. VLC Media Player adalah pilihan yang baik untuk mereka yang sudah memiliki perangkat ini di komputer mereka.
Baca Juga :  BTPN Jenius, Solusi Belanja Online Dengan Kartu Debit

Mengecilkan Ukuran Video: Tips Tambahan Selain menggunakan perangkat lunak konversi, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda mengecilkan ukuran video:

Iklan (Gulir)
Scroll kebawah untuk lihat konten
  • Pilih Resolusi yang Lebih Rendah: Resolusi yang lebih rendah akan menghasilkan ukuran file yang lebih kecil. Ini dapat berguna jika video akan dilihat pada layar yang lebih kecil atau jika kualitas gambar bukanlah prioritas utama.
  • Kurangi Bitrate: Bitrate yang lebih rendah juga akan mengurangi ukuran file. Namun, ingatlah bahwa bitrate yang terlalu rendah dapat mempengaruhi kualitas gambar.
  • Potong Bagian Tidak Penting: Jika video Anda memiliki bagian yang tidak perlu, pertimbangkan untuk memotongnya. Ini tidak hanya akan mengurangi ukuran file tetapi juga membuat video lebih ringkas dan fokus.
  • Gunakan Format Kompresi: Beberapa format video memiliki kemampuan kompresi bawaan yang lebih baik daripada yang lain. Misalnya, format H.265 cenderung menghasilkan file yang lebih kecil dengan kualitas gambar yang tetap baik.
Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat Teknologi Touch ID: Keamanan dan Kenyamanan di Ujung Jari

Kesimpulan Jadi, tidak perlu lagi merasa khawatir dengan ukuran video yang terlalu besar atau format yang tidak cocok. Dengan bantuan lima perangkat lunak gratis yang telah disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah mengecilkan ukuran video dan mengubah formatnya sesuai keinginan Anda.

 

Harap Matikan AdBLock Iklan Atau Gunakan Browser Yang Mendukung Iklan