Scrool Ke Bawah
<script type="text/javascript"> atOptions = { 'key' : 'a3e2e0c47e9f025230d08789090917a3', 'format' : 'iframe', 'height' : 250, 'width' : 300, 'params' : {} }; document.write('<scr' + 'ipt type="text/javascript" src="//www.topcreativeformat.com/a3e2e0c47e9f025230d08789090917a3/invoke.js"></scr' + 'ipt>'); </script>
InformasiWebhostingWindows

Daftar Panel VPS Gratis Yang Bisa Digunakan Untuk Kebutuhanmu

263
×

Daftar Panel VPS Gratis Yang Bisa Digunakan Untuk Kebutuhanmu

Sebarkan artikel ini

Daftar Panel VPS Gratis Yang Bisa Digunakan Untuk Kebutuhanmu, Panel VPS Gratis serta Panel Hosting Gratis merupakan alat berbasis web yang mempermudah administrator server dalam mengatur sejumlah fungsi server. Kelola Virtual Private Server (VPS) atau Server Pribadi Virtual akan menjadi lebih lancar dengan pemanfaatan panel daripada perintah teks.

Paham mengenai apa itu VPS? Bila belum, terdapat e-book panduan VPS bagi pemula yang siap Anda akses tanpa biaya.

Iklan (Gulir)
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kemudahan penggunaan panel pada VPS telah memancing minat banyak pengguna untuk mengembangkan panel pengendalian VPS paling berkualitas sesuai dengan preferensi individu. Baik versi gratis maupun berbayar, semua panel pengendalian VPS ini menawarkan kemudahan kepada Anda.

Berbagai macam panel ini memungkinkan penyesuaian pilihan yang lebih baik untuk manajemen VPS yang Anda kelola. Tinggal pilih panel mana yang cocok dengan kebutuhan Anda dan optimalkan kinerja situs web Anda.

Ada sejumlah fitur yang umumnya menjadi perhatian saat menggunakan panel. Fitur-fitur yang biasanya ditawarkan oleh panel pengendalian VPS berkualitas antara lain:

  • Manajemen DNS (Sistem Nama Domain) Kelola pengaturan DNS melalui antarmuka berbasis web. Tanpa panel, Anda harus menggunakan perintah teks yang memerlukan keterampilan dasar dalam perintah Linux.
  • Manajemen Email Fitur ini memungkinkan Anda menambahkan dan mengelola alamat email, menetapkan kuota untuk setiap akun email, dan mengelola spam, semuanya melalui antarmuka berbasis web.
  • Manajemen FTP Panel pengendalian VPS umumnya menawarkan manajemen FTP, termasuk pembuatan akun pengguna, pengaturan sandi, dan penentuan kuota untuk setiap akun.
  • Manajemen Sistem File Anda juga bisa menyesuaikan dan mengelola sistem file melalui panel pengendalian VPS. Pengaturan ini jauh lebih mudah daripada menggunakan perintah teks yang manual, mengurangi kemungkinan kesalahan.
  • Manajemen Pengguna SSH Di samping manajemen FTP, email, dan DNS, terdapat juga manajemen pengguna SSH. Menambah dan menghapus akun SSH dalam VPS menjadi lebih sederhana.
  • Manajemen Basis Data Berbagai sistem basis data seperti MySQL, PostgreSQL, dan lainnya dapat diatur dengan mudah melalui panel pengendalian VPS.
  • Laporan Akses dan Laporan Kejadian Ketika masalah muncul, sistem biasanya mencatatnya dalam catatan detail. Dengan panel pengendalian VPS, laporan tersebut ditampilkan dengan cara yang lebih user-friendly daripada membaca file catatan di server.
  • Konfigurasi Plugin Sejumlah panel menawarkan kemampuan menambah dan menghapus plugin tambahan. Plugin-plugin ini memudahkan dalam mengelola situs web atau menambahkan fitur, seperti WordPress, Laravel, dan modul lainnya.
Baca Juga :  5 Situs Converter PDF Online Terbaru

Tidak semua panel pengendalian VPS gratis atau berbayar memiliki seluruh fitur di atas. Beberapa menawarkan fitur yang lebih lengkap daripada yang lain.

Dalam daftar berikut, kami merinci beberapa panel pengendalian VPS berkualitas, baik yang gratis maupun berbayar, serta fitur-fitur yang ditawarkannya.

Daftar Panel Pengendalian VPS Gratis:

Saat ini, sejumlah panel pengendalian VPS gratis tersedia untuk mencoba mengelola VPS. Beberapa di antaranya menawarkan fitur lengkap tanpa biaya.

  1. Webuzo Webuzo adalah panel pengendalian VPS yang menyediakan versi gratis dan berbayar dengan fitur komprehensif. Versi gratis memiliki batasan, hanya memungkinkan penggunaan 59 skrip. Fitur Webuzo mencakup manajemen domain, pengguna FTP, basis data MySQL dan Rockmongo, DNS Zone, MXEntry records, CRON, Keamanan Lanjutan dengan IP Block dan lainnya.
  2. VestaCP VestaCP adalah panel pengendalian VPS gratis dengan aplikasi Softaculous yang mendukung lebih dari 439 aplikasi yang dapat diinstal hanya dengan satu klik. VestaCP dapat berjalan dengan spesifikasi minimal, mendukung berbagai sistem operasi Linux dan memiliki fitur yang cukup lengkap.
  3. ISPConfig ISPConfig adalah panel pengendalian VPS gratis dengan web-based interface yang cocok untuk ISPs atau lingkungan sistem perusahaan.
  4. Ajenti Ajenti adalah panel pengendalian VPS yang fokus pada efisiensi eksekusi program, berbasis Python dengan performa tinggi.
  5. CentOS-WebPanel CentOS-WebPanel adalah panel pengendalian VPS gratis dengan tampilan modern dan fitur yang mempermudah pengelolaan situs web.
  6. Webmin Webmin adalah panel pengendalian VPS dengan fungsionalitas mirip Virtualmin, fleksibel dan mendukung sistem operasi UNIX dan Windows.
  7. Virtualmin Virtualmin adalah panel pengendalian VPS mirip Webmin, mendukung berbagai sistem operasi dan tampilan menarik.
Baca Juga :  Download FAB versi 1.9 (Firewall App Blcker) Untuk Windows

Terdapat juga control panel VPS lain seperti HestiaCP, OpenGamePanel, dan CyberPanel.

Daftar Panel Pengendalian VPS Berkualitas (Berbayar):

Selain panel pengendalian VPS gratis, terdapat beberapa opsi berbayar untuk mengoptimalkan penggunaan VPS:

  1. Web Host Manager (WHM) WHM adalah panel pengendalian VPS berbayar yang populer dengan banyak fitur, khususnya untuk hosting situs web.
  2. Plesk Plesk adalah panel pengendalian VPS berbayar yang mendukung berbagai sistem operasi, termasuk Windows, dengan berbagai fitur.
  3. DirectAdmin DirectAdmin adalah panel pengendalian VPS berbayar yang menawarkan fitur lengkap untuk pengelolaan server.

Anda bisa memilih antara panel pengendalian VPS gratis atau berbayar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda dalam mengelola VPS.

 

Harap Matikan AdBLock Iklan Atau Gunakan Browser Yang Mendukung Iklan