Scrool Ke Bawah
<script type="text/javascript"> atOptions = { 'key' : 'a3e2e0c47e9f025230d08789090917a3', 'format' : 'iframe', 'height' : 250, 'width' : 300, 'params' : {} }; document.write('<scr' + 'ipt type="text/javascript" src="//www.topcreativeformat.com/a3e2e0c47e9f025230d08789090917a3/invoke.js"></scr' + 'ipt>'); </script>
SoftwareTeknologiWindows

Cara Membuat Multi Bootable Menggunakan Ventoy

312
×

Cara Membuat Multi Bootable Menggunakan Ventoy

Sebarkan artikel ini
Download Ventoy

Cara Membuat Multi Bootable Menggunakan Ventoy, Dalam dunia komputasi, ada banyak situasi di mana Anda perlu menginstal ulang atau memperbarui sistem operasi Windows pada komputer Anda. Salah satu cara yang umum digunakan adalah dengan membuat sebuah media bootable, seperti USB flash drive, yang memungkinkan Anda untuk menginstal Windows dari awal. Namun, proses membuat media bootable bisa menjadi rumit, terutama jika Anda harus menggunakannya secara berkala. Di situlah software Ventoy hadir sebagai solusi praktis.

Ventoy adalah software open-source yang memungkinkan Anda membuat media bootable yang dapat digunakan untuk menginstal berbagai sistem operasi, termasuk Windows, Linux, dan lainnya. Yang membuat Ventoy menonjol adalah kemampuannya untuk mengakomodasi lebih dari satu file ISO pada satu media, sehingga Anda dapat memiliki berbagai versi atau distribusi sistem operasi yang berbeda dalam satu flash drive. Dengan Ventoy, proses membuat bootable media menjadi lebih sederhana dan efisien. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat bootable Windows dengan menggunakan software Ventoy:

Iklan (Gulir)
Scroll kebawah untuk lihat konten

Persiapan Bahan

  • Siapkan sebuah flash drive dengan kapasitas yang cukup untuk menampung file ISO Windows dan ruang tambahan untuk file lain jika Anda berencana untuk menyimpan berbagai file ISO lainnya.
  • Pastikan Anda memiliki file ISO dari sistem operasi Windows yang ingin Anda instal. File ISO ini dapat diunduh langsung dari situs resmi Microsoft atau sumber yang tepercaya.

Unduh dan Instal Ventoy

  1. Kunjungi situs web resmi Ventoy di https://www.ventoy.net atau download ventoy versi 1 Disini.
    Download Ventoy Versi 1 Untuk Windows
  2. Unduh versi terbaru dari Ventoy sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.
  3. Setelah selesai diunduh, ekstrak file yang telah Anda unduh.
Baca Juga :  Daftar Panel VPS Gratis Yang Bisa Digunakan Untuk Kebutuhanmu

Membuat Media Bootable dengan Ventoy

  1. Sambungkan flash drive ke komputer Anda.
  2. Buka folder hasil ekstraksi Ventoy.
  3. Cari file bernama “Ventoy2Disk.exe” dan jalankan program tersebut.
  4. Pilih flash drive yang akan Anda gunakan untuk membuat bootable media. Peringatan: Pastikan Anda telah membackup semua data penting yang ada di flash drive tersebut, karena proses ini akan menghapus semua data di dalamnya.
  5. Klik tombol “Install” untuk memulai proses pembuatan bootable media. Tunggu hingga proses selesai.

Menambahkan File ISO Windows ke Media Bootable

  1. Salin file ISO Windows yang telah Anda siapkan ke dalam flash drive yang telah diubah menjadi media bootable oleh Ventoy.
  2. Letakkan file ISO di direktori utama flash drive atau dalam folder terpisah, sesuai dengan preferensi Anda.

Menggunakan Bootable Media Ventoy untuk Menginstal Windows

  1. Sambungkan flash drive ke komputer yang ingin Anda instal Windows-nya.
  2. Nyalakan komputer dan akses BIOS atau UEFI settings untuk mengatur boot priority. Pastikan flash drive berada di urutan boot pertama.
  3. Simpan pengaturan BIOS/UEFI dan restart komputer.
  4. Komputer sekarang akan boot dari flash drive Ventoy. Anda akan melihat menu yang menampilkan berbagai file ISO yang ada di dalam flash drive.
  5. Pilih file ISO Windows yang ingin Anda instal dan ikuti panduan instalasi seperti biasa.

Dengan menggunakan Ventoy, Anda dapat dengan mudah membuat bootable media untuk menginstal Windows dan sistem operasi lainnya, serta memiliki fleksibilitas untuk menyimpan berbagai file ISO dalam satu flash drive. Prosesnya lebih sederhana daripada metode tradisional dan memudahkan Anda dalam mengelola berbagai kebutuhan bootable media. Namun, ingatlah untuk selalu memperhatikan sumber file ISO yang Anda unduh dan pastikan Anda memiliki lisensi sah untuk sistem operasi yang Anda instal.

Baca Juga :  Custom Domain di Google Sites: Tingkatkan Profesionalitas Situs Anda

Ventoy memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan populer dalam pembuatan media bootable dibandingkan dengan software serupa. Berikut adalah beberapa kelebihan Ventoy:

  1. Multi-ISO Support: Salah satu fitur unggulan Ventoy adalah kemampuannya untuk mendukung lebih dari satu file ISO pada satu media bootable. Ini memungkinkan Anda menyimpan berbagai versi atau distribusi sistem operasi yang berbeda dalam satu flash drive. Anda tidak perlu membuat media bootable terpisah untuk setiap file ISO, sehingga menghemat ruang dan usaha.
  2. Tidak Perlu Format Ulang: Ventoy tidak mengharuskan Anda untuk mengformat ulang flash drive setiap kali ingin menambahkan atau menghapus file ISO. Anda hanya perlu menyalin atau menghapus file ISO seperti menyalin dan menghapus file biasa. Ini sangat memudahkan dalam mengelola berbagai versi sistem operasi.
  3. Sederhana dan Efisien: Proses pembuatan media bootable dengan Ventoy sangat sederhana dan cepat. Anda hanya perlu menjalankan program “Ventoy2Disk.exe”, memilih flash drive yang akan digunakan, dan Ventoy akan mengatur semuanya dengan cepat. Tidak perlu mengikuti proses rumit yang sering ditemui pada software sejenis.
  4. Platform-Agnostic: Ventoy dapat digunakan pada berbagai sistem operasi, termasuk Windows, Linux, dan macOS. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik, terutama jika Anda bekerja dengan berbagai platform.
  5. Update Secara Teratur: Tim pengembang Ventoy secara aktif memperbarui software ini, memastikan bahwa bugs diperbaiki dan fitur baru ditambahkan secara berkala. Ini berarti Anda akan mendapatkan dukungan yang baik dan pembaruan yang konsisten dari Ventoy.
  6. Bebas dan Open Source: Ventoy adalah software open-source yang dapat digunakan secara gratis. Ini berarti Anda tidak perlu membayar biaya lisensi atau biaya tambahan untuk menggunakannya. Kode sumbernya terbuka, sehingga pengguna yang memiliki pengetahuan teknis dapat memeriksa dan memodifikasi kode sesuai kebutuhan.
  7. Dukungan Luas untuk Berbagai ISO: Ventoy mendukung berbagai jenis file ISO, termasuk ISO sistem operasi, utilitas, alat pemulihan, dan sebagainya. Ini membuatnya sangat fleksibel untuk berbagai keperluan.
  8. Kompatibilitas yang Luas: Ventoy memiliki kompatibilitas yang baik dengan sebagian besar sistem BIOS dan UEFI, sehingga Anda dapat menggunakannya pada berbagai jenis komputer.
  9. Tidak Ada Pemborosan Ruang: Ventoy tidak menggunakan sebagian besar ruang di flash drive. Ini berarti Anda memiliki lebih banyak ruang yang tersedia untuk menyimpan file ISO dan data lainnya.
  10. Dukungan Plugin: Ventoy juga memiliki sistem plugin yang memungkinkan Anda untuk menambahkan fitur tambahan seperti dukungan antivirus, alat pemulihan, dan utilitas lainnya.
Baca Juga :  Download Exambrowser Client Terbaru Untuk ANBK 2023

Kelebihan-kelebihan inilah yang membuat Ventoy menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang sering bekerja dengan media bootable. Meskipun Ventoy memiliki banyak keunggulan, tetap penting untuk selalu mengikuti panduan penggunaan yang tepat dan mengunduh file ISO dari sumber yang sah guna menjaga keamanan dan keandalan proses instalasi sistem operasi.

Harap Matikan AdBLock Iklan Atau Gunakan Browser Yang Mendukung Iklan