Cara Menghemat Uang di Bulan Ramadhan

Tips Menghemat Uang di Bulan Ramadhan

Diposting pada

Cara menghemat uang di bulan Ramadhan tidaklah sulit, tapi Anda perlu mempunyai komitmen yang kuat dan tekad yang bulat. pertama-tama kamu harus menetapkan tujuan kamu ingin menghemat uang untuk apa. misalnya untuk tabungan, membeli barang tertentu, atau biaya operasional bulanan. Kedua, Anda harus melakukan perencanaan dengan baik. seperti apa saja yang akan Anda belanjakan uang Anda pada bulan Ramadhan nanti. Ketiga, Lakukan Pengelolaan Keuangan Yang Baik. Carilah alternatif pembayaran yang lebih hemat biaya seperti bisa melakukan pembayaran via internet banking atau mobile banking. Keempat, Bagi-Bagi Uang Sesuai Dengan Kebutuhan. Buatlah beberapa lembar potongan uang pecahan 50.000 dan 20.000 rupiah dan simpanlah di beberapa tempat seperti dompet, tas, atau gunakan aplikasi dompet digital. Kemudian gunakan uang pecahan tersebut setiap kali Anda berbelanja sesuatu sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan uang seratus ribuan setiap kali berbelanja. Dan yang terakhir, Hindari Kebiasaan Buruk Dalam Berpengeluaran Uang seperti sering makan di luar, belanja di mall, atau terlalu sering nonton bioskop.

Baca Juga :
10 Tips untuk Menghemat Uang Anda
Cara Berinvestasi Saham untuk Pemula

1. Mulai Bersabar dalam Membeli

‚ÄčNah, sebelum Ramadhan tiba, sebaiknya kita mempersiapkan diri dengan mental dan fisik yang kuat. Untuk fisik, kita harus menjaga pola makan dan istirahat yang baik sehingga tidak mudah lelah dan capek. Sedangkan untuk mental, kita harus bersabar dalam menahan lapar dan dahaga. Kebanyakan orang sering mengeluh karena merasa susah untuk bersabar dalam menahan lapar dan dahaga. Padahal, jika kita bisa menahan lapar dan dahaga dengan sabar, maka akan lebih mudah untuk menahan diri dari segala godaan.

2. Membuat Daftar Belanjaan

Ketika kita membuat daftar belanjaan, sebaiknya kita tidak terlalu membuat list yang panjang. Cukup buat list dengan barang-barang yang penting dan essential saja seperti makanan, minyak, gula, garam, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kita tidak akan terlalu banyak membelanjakan uang pada bulan Ramadhan.

3. Mengatur Pola Makan

Pola makan yang baik selama bulan puasa adalah dengan sarapan pagi yang cukup sebelum berpuasa. Tujuan dari pola makan ini adalah agar kita tidak terlalu lapar dan mudah capek ketika berpuasa. Selain itu, kita juga harus mengatur waktu makan sahur dan berbuka puasa. Jangan sampai kita terlalu makan saat sahur sehingga ketika berbuka puasa kita merasa malas untuk makan.

4. Menyediakan Makanan Ringan

Mempersiapkan makanan ringan seperti kurma, buah-buahan, dan air putih dalam jumlah yang cukup sebelum berbuka puasa adalah ide yang bagus. Dengan begitu, ketika kita merasa lapar dan haus selama berpuasa, kita bisa mengonsumsi makanan ringan tersebut sebagai pencair dahaga dan lapar. Kurma dan buah-buahan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

5. Mempersiapkan Uang

Ramadan adalah bulan dimana uang sering habis dengan cepat sehingga kita harus bijak dalam mengatur keuangan. Sebelum membelanjakan uang, sebaiknya kita membuat anggaran bulanan agar uang tidak habis dengan cepat. Kita juga harus bijak dalam memilih barang yang akan dibeli. Jangan sampai kita membeli barang yang tidak penting hanya karena ingin ikut-ikutan teman atau rekan. Ingat, uang yang habis dengan cepat akan sulit untuk dikembalikan, jadi bijaklah dalam membelanjakannya.

6. Menutup Sumber Penghasilan Tambahan

Sumber penghasilan tambahan seperti gaji lembur atau hasil usaha sampingan seringkali menjadi penyebab uang habis dengan cepat. Oleh karena itu, selama bulan puasa, sebaiknya kita menutup atau mengurangi sumber penghasilan tambahan tersebut agar uang tidak terlalu habis dengan cepat. Kecuali jika uang tambahan tersebut benar-benar dibutuhkan untuk keperluan yang mendesak, seperti biaya ke dokter atau biaya sekolah anak.

7. Melakukan Kegiatan Bersih-bersih Rumah

Sebelum bulan puasa tiba, sebaiknya kita melakukan kegiatan bersih-bersih rumah agar nantinya tidak perlu melakukannya ketika sudah berpuasa. Kegiatan bersih-bersih rumah yang dimaksud di sini adalah membersihkan rumah dari debu dan sampah serta menyeimbangkan perabotan yang ada di rumah. Dengan begitu, ketika sudah berpuasa nanti kita akan lebih fokus untuk beribadah dan menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa harus terganggu oleh kebersihan rumah.

8. Mempersiapkan Pakaian puasa

Cara menghemat uang di bulan puasa juga bisa dilakukan dengan mempersiapkan pakaian puasa sebelumnya. Kita bisa memilih pakaian puasa yang akan digunakan berdasarkan acara-acara tertentu yang akan dihadiri. Misalnya, jika kita akan menghadiri acara perayaan lebaran maka kita bisa memilih pakaian yang sederhana saja agar tidak terlalu banyak membelanjakan uang untuk pakaian puasa. Pakaian puasa juga bisa dipilih berdasarkan warna yang sesuai dengan selera kita agar nantinya kita tidak bosan dengan pakaian puasa yang kita pakai setiap hari.

9. Menghemat Pemakaian Air

Menghemat pemakaian air selama bulan puasa adalah cara yang bagus untuk menghemat uang. Sebaiknya kita tidak terlalu sering mandi dan mencuci pakaian selama bulan puasa agar air yang digunakan tidak terlalu banyak. Kita juga bisa memanfaatkan air hujan sebagai air untuk membersihkan rumah agar pemakaian air domestik tidak terlalu banyak. Menghemat pemakaian air domestik akan mengurangi tagihan air yang harus dibayarkan setiap bulannya, sehingga uang yang tersisa bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

10. Menyimpan Uang di Bank Syariah

Cara menghemat uang di bulan puasa yang terakhir adalah dengan menyimpan uang di bank syariah. Bank syariah adalah bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Jadi, deposito atau tabungan di bank syariah akan dilindungi dari bunga dan riba serta aman dari penyalahgunaan uang. Selain itu, bank syariah juga memberikan pelayanan yang baik kepada nasabahnya sehingga nasabah akan merasa nyaman dan aman dalam menyimpan uang di bank tersebut.

salah satu cara terbaik untuk menghemat uang selama Ramadan adalah dengan bersedekah. Ini adalah cara yang bagus untuk membantu mereka yang membutuhkan dan juga mendapatkan berkah sebagai balasannya.

Nah, itulah beberapa tips menghemat uang saat Ramadan. Dengan mengikuti tips ini, Anda akan dapat menghemat uang dan tetap menikmati bulan istimewa ini.

Gambar Gravatar
Pemilik dan sekaligus penulis di yogikhayan.id, yang menguasai ekpert info teknologi seperti Gadget, Smartphone, Komputer dan Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *