Scrool Ke Bawah
<script type="text/javascript"> atOptions = { 'key' : 'a3e2e0c47e9f025230d08789090917a3', 'format' : 'iframe', 'height' : 250, 'width' : 300, 'params' : {} }; document.write('<scr' + 'ipt type="text/javascript" src="//www.topcreativeformat.com/a3e2e0c47e9f025230d08789090917a3/invoke.js"></scr' + 'ipt>'); </script>
InternetKomputer

Menghapus Virus Shortcut dengan CMD: Langkah Demi Langkah

111
×

Menghapus Virus Shortcut dengan CMD: Langkah Demi Langkah

Sebarkan artikel ini
Cara Mengatasi Virus Shortcut: Panduan Lengkap Menggunakan CMD
Source : https://www.teknojempol.com/

Menghapus Virus Shortcut dengan CMD: Langkah Demi Langkah, PC atau laptop yang terinfeksi virus dapat mengalami berbagai masalah, salah satunya adalah penurunan kinerja yang drastis. Selain itu, virus juga bisa menyebabkan kehilangan data berharga. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera mengatasi masalah ini dengan membersihkan virus tersebut. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah cara menghapus virus shortcut pada laptop menggunakan Command Prompt (CMD). Mari simak pembahasannya.

Cara Mengatasi Virus Shortcut dengan CMD

Untuk membersihkan virus, biasanya orang menggunakan antivirus seperti Smadav, Norton, Kaspersky, dan sejenisnya. Namun, ada cara yang lebih praktis dan hemat, yaitu menggunakan Command Prompt (CMD).

Iklan (Gulir)
Scroll kebawah untuk lihat konten

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt (CMD) Pertama-tama, buka Command Prompt pada PC Anda. Caranya, tekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik “CMD” dan tekan Enter.
  2. Identifikasi Drive yang Terinfeksi Virus Konfigurasikan CMD untuk mengakses drive yang diduga terinfeksi virus. Misalnya, jika Anda menduga drive D terinfeksi, ketik “D:” di CMD dan tekan Enter.
  3. Ubah Atribut File Ketik perintah “Attrib -s -h -r /s /d .” di CMD dan tekan Enter. Ini akan mengubah atribut semua file di drive tersebut. Perintah ini memiliki beberapa tujuan, seperti menghapus file yang read-only (-r), file arsip (-a), file sistem (-s), dan file tersembunyi (-h).
  4. Periksa Daftar File Ketik “Dir” di CMD untuk melihat daftar file yang terdeteksi mengandung virus di drive tersebut.
  5. Hapus File Mencurigakan Setelah melihat daftar file, hapus file yang mencurigakan. Biasanya, file virus memiliki ekstensi seperti “autorun.inf” yang sering menyerang drive flashdisk, atau berupa file eksekusi (.exe) yang dapat berbahaya.
Baca Juga :  Mengenal Intel Core I9 Processor Terbaru dari Intel

Memahami Perbedaan Antara Prosesor Intel Core i3, dan i5

Mengatasi Akses Denied di CMD

Jika muncul pesan “Access Denied” di CMD, Anda bisa menggunakan Windows Compatibility Troubleshooter untuk mengatasi masalah ini. Jika masih tidak berhasil, Anda dapat menggunakan CMD dengan hak admin. Caranya:

  1. Klik “Start” pada Windows.
  2. Ketik “CMD”, klik kanan, dan pilih “Run as Administrator”.
  3. Ketik perintah “net user Administrator /active: yes” untuk mengaktifkan akun admin bawaan.
  4. Jalankan kembali program yang sebelumnya mengalami “Access Denied”.

Metode ini efektif untuk sistem operasi Windows 10, 8, dan 7, dan dapat digunakan untuk mengatasi berbagai jenis virus seperti Virus Win32, Mgr, dan Shortcut.

Apakah File Akan Hilang setelah Menghilangkan Virus dengan CMD?

Umumnya, hanya file yang sudah terinfeksi virus yang akan hilang setelah proses pembersihan. Namun, ini jauh lebih baik daripada harus kehilangan seluruh data di drive. Setelah menghapus file virus, pastikan untuk memperkuat keamanan sistem Anda dengan mengupdate sistem operasi, menggunakan antivirus premium, dan langkah-langkah lainnya.

Baca Juga :  5 Tips Ampuh Mengatur Kecerahan Layar Laptop Berbagai Merek

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah untuk mengatasi virus shortcut pada PC atau laptop Anda menggunakan CMD. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat membersihkan virus dan menjaga data Anda tetap aman. Selalu perbarui sistem keamanan Anda untuk menghindari masalah serupa di masa depan.

Harap Matikan AdBLock Iklan Atau Gunakan Browser Yang Mendukung Iklan